loading...

Tuesday 8 November 2011

Manfaat dan Khasiat Buah Mangga | Khasiat buah-buahan

Loading...

Manfaat buah Mangga untuk kesehatan

sangat banyak. Ternyata buah mangga bukan hanya sedap dimakan tapi juga mempunyai manfaat dan khasiat yang tidak kalah banyaknya. Buah Mangga (Mangifera Indica)apapun jenisnya merupakan sumber serat untuk mendukung diet yang baik. Mangga merupakan salah satu buah yang cukup populer, kaya nutrisi, mempunyai rasa yang unik, aroma dan rasa yang khas, serta juga menyehatkan. Mangga adalah salah satu buah musiman didaerah beriklim tropis. Buah ini diyakini berasal dari daerah Himalaya dataran India. Buah eksotis ini milik famili Anacardiaceae yang famili nya mencakup banyak spesies pohon buah tropis tanaman berbunga seperti mete, pistachio, etc.

Buah Mangga selalunya mempunyai aroma yang khas. Buah ini termasuk jenis tumbuhan non klimaterik yang pematangan buahnya tetap terjadi meski sudah dipanen. Ukuran buah sangat beragam, dari yang sebesar buah apel hingga sebesar buah pepaya thailand. Buah mangga juga mempunyai bentuk ovale yang khas meski ada juga yang berbentuk bulat seperti buah apel. Kulit luar buah mangga akan berwarna hijau saat masih mudah dan akan berubah menjadi kuning keemasan / hijau tua atau orange setelah matang tergantung pada jenisnya. 

Jenis-Jenis buah mangga

Buah mangga banyak jenisnya. Tidak jarang sebuah perkebunan buah mangga membudidayakan banyak jenis buah mangga. Salah satu sentra buah di propinsi Jawa timur yaitu Probolinggo, menghasilkan beragam jenis buah mangga yang terkenal karena rasanya yang manis dan aromanya yang khas. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman mangga yang dibanyak dibudidayakan di Indonesia:
  • Mangga Manalagi
  • Mangga Gadung
  • Mangga Golek,
  • Mangga Indramayu,
  • Mangga Arum manis,
  • Mangga Kueni,
  • Mangga Apel,
  • Mangga Madu, dan masih banyak lagi. 

Manfaat dan Khasiat Mangga

  1. Melancarkan Pencernaan dam membantu meringangkan gangguan pencernaan terutama bagi mereka yang mempunyai masalah dengan enzim dan keasaman lambung.
  2. Mengandung unsur-unsur Bio-aktif seperti Ester, terpene dan Aldehida yang dapat membantu kerjas sistem pencernaan.
  3. Menurunkan Kolesterol
  4. Mengandung serat (Dietary Fiber) dan vitamin C dalam buah mangga membantu untuk menurunkan kadar level serum kolesterol khususnya kolesterol “Low-Density Lipoprotein” (LDL).
  5. Sumber vitamin E,  sekitar 2,3 sampai 3 mg vitamin E per buah Mangga.
  6. Meningkatkan Daya Konsentrasi dan Memori, karena mengandung asam Glutamin yang baik untuk meningkatkan memori dan menjaga sel-sel aktif.
  7. Untuk Mengobati Jerawat, membantu dalam membersihkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat. Caranya: iris mangga menjadi potongan-potongan sangat tipis dan letakkan di wajah Anda selama 10 hingga 15 menit, dan kemudian mandi atau cucilah wajah Anda. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda tersebut.
  8. Mempunyai kadar Zat Besi yang tinggi sehingga bagus dikonsumsi oleh mereka yang menderita anemia zat besi atau siapapun yang mempunyai masalah dengan defisiensi zat besi.
  9. Mencegah Kanker dan penyakit Jantung, karena Mangga mengandung antioksidan dalam Jumlah tinggi yang bila dikonsumsi secara teratur, bisa untuk melawan kanker dan penyakit jantung lainnya.
  10. Buah mangga kaya akan prebiotik serat makanan, vitamin, mineral, dan senyawa flavonoid, antioksidan, polifenolik yang menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara dan kanker usus besar (colon).
  11. Sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. 100 g buah mangga segar menyediakan 765 mg atau 25% dari tingkat harian yang direkomendasikan dari vitamin A. senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan mata. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan karoten yang dikenal untuk melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  12. Sumber Kalium yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  13. Sumber Vitamin B-6 atau pyridoxine yang diperlukan untuk produksi hormon GABA di otak. Ini juga mengontrol kadar homocystiene dalam darah, yang dinyatakan dapat membahayakan pembuluh darah mengakibatkan CAD dan stroke.
  14. Mengandung Zat Tembaga (Copper) yang merupakan faktor pembantu untuk enzim-enzim penting, termasuk sitokrom c-oksidase dan superoksida dismutase (mineral lainnya berfungsi sebagai faktor pembantu untuk enzim ini adalah mangan dan seng). zat Tembaga juga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Kulit mangga juga kaya fitonutrien, yaitu pigmen antioksidan seperti karotenoid dan polifenol.

0 comments:

Loading...