loading...

Thursday 30 January 2014

Manfaat Daun Kelor

Loading...
Manfaat Daun Kelor. Kelor adalah tanaman tropis berdaun kecil-kecil tapi lembut, sedikit lebih besar dari daun lamtoro dan tersusun secara majemuk. Daun kelor di percaya mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi, karena selain mengandung berbagai jenis vitamin, daun ini juga mempunyai kandungan mineral. Di daerah Jawa Timur, sebelah timur seperti banyuwangi, jember, dan sekitarnya, daun kelor biasa di masak sayur bening di campur dengan jagung muda ataupun gambas. Tetapi di temapt lain seperti kediri atau Ponorogo, penduduknya sangat jarang bahkan tidak ada yang mau memakan daun kelor sebagai sayuran, karena tanaman ini di sana di kenal sebagai daunnya orang mati. Menurut mitos, seseorang yang tidak bisa mati karena memiliki ilmu hitam akan di pukul dengan pucuk daun kelor sebanyak 3 kali agar segera mati. Selain itu setelah mati, maka daun kelor biasanya di gunakan dalam ritual memandikan mayat. karena itu aneh kata mereka kalau sampai ada yang mau memakan daun kelor sebagai sayuran. Meskipun sesungguhnya, daun kelor mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat Daun Kelor

Badan Kesehatan sedunia, bahkan menyarankan agar balita dan anak-anak yang masih berada dalam usia bertumbuhan di beri asupan gizi dari daun kelor untuk mendapatkan nutrisi yang baik. Selain karena daun kelor sangat mudah di dapat, harganya pun relatif murah dibandingkan sayuran lain. Tentu saja di tempat di mana tumbuhan ini di budidayakan. Di tempat yang jarang ada penanamnya, daun kelor tergolong mahal juga. Selain karena kandungan nutrisinya yang tinggi, juga karena kelor mengandung berbagai jenis zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan diantaranya adalah:manfaat daun kelor
  1. Untuk mengobati penyakit Diabetes
  2. Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  3. Menyegarkan mata dan otak
  4. Mengatasi pegal linu dan Rematik
  5. Meningkatkan metabolisme tubuh
  6. Meningkatkan stuktur sel tubuh
  7. Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  8. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  9. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  10. Memperindah kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah
  11. Meningkatkan energi
  12. Memudahkan pencernaan
  13. Mengandung Antioksidan dan Anti -peradangan
  14. Memelihara sistem imunitas tubuh
  15. Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
  16. Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  17. Mengontrol kadar gula darah, dll
Cara memanfaatkan daun kelor dapat dilakukan dengan cara memasaknya lalu di makan bersama nasi, meminum air rebusannya atau menjadikannya masker daun kelor.

0 comments:

Loading...