loading...

Thursday 30 January 2014

Manfaat Daun Sirih Merah

Loading...
Manfaat Daun Sirih Merah. Daun sirih merah memiliki bentuk yang sangat unik dan indahdibandingkan sirih biasa yang rata-rata berwatna hijau muda (pupus) hingga kekuningan. Karena keindahan daunnya, sirih merah sering di gunakan sebagai tanaman hias. Meskipun sering di jadikan tanaman hias, daun sirih merah tetap mempunyai khasiat yang tak kalah bermanfaatnya dari daun sirih biasa. Bahkan bisa di katakan lebih. Terutama dalam hal rasa pahitnya. 1 gelas air rendaman sirih merah memiliki rasa pahit yang hampir sama dengan rebusan 25 lembar sirih biasa. Karena tingkat kepahitannya yang sangat tinggi, orang biasa jarang mengkonsumsi sirih merah sebagai obat kecuali orang-orang tertentu saja.

Manfaat daun Sirih Merah

Daun sirih merah yang di simpan di bawah bantal di percaya dapat menangkal teluh atau santet dan menjauhkan makhluk halus. Biasanya orang-orang kuno lebih suka menanam tanaman ini di halaman rumahnya dengan tujuan serupa yaitu menjauhkan santen, teluh dan kiriman ilmu hitam lainnya. Namun yang paling terkenal adalah manfaat daun sirih bagi kesehatan. Daun ini mempunyai manfaat yang sangat banyak. Diantaranya adalah:manfaat daun sirih merah
  1. Mengobati luka bakar 
  2. Menghentikan mimisan
  3. Mengatasi maag
  4. Mengatasi gatal-gatal
  5. Menghilangkan mata merah
  6. Mencegah gusi berdarah
  7. Mencegah sariawan
  8. Mengurangi Bau Mulut
  9. Untuk mengobati batuk
  10. Bronkitis Mengurangi bau badan
  11. Mengurangi jerawat
  12. Mengatasi keputihan
  13. Mengobati payudara yang bengkak karena menyusui, dll
Seperti halnya, daun-daun yang berkhasiat obat, cara memanfaatkan daun sirih sebagian besar adalah dengan meminum air rebusan atau air rendamannya. Biasanya daun yang di gunakan adalah kelipatan ganjilnya seperti 1,3,5, dst. Jangan tanya mengapa karena aturan ini sudah merakyat dan tidak ada penjelasannya. Tetapi ada juga yang menggunakan airnya untuk mengompres, seperti saat seseorang terkena sakit mata. Begitu banyaknya manfaat daun sirih merah, sehingga banyak orang yang menyarankan agar tanaman ini di tanam sebagai di halam rumah sebagai tanaman hias ataupun apotik hidup.

0 comments:

Loading...